Belum Kenal Siapa Maurice Pialat?
A

Anda yang menekuni dunia film mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Maurice Pialat. Ia adalah salah satu seiman asal Perancis yang namanya sudah mendunia berkat film-film pendek buatannya. Maurice dikenal sebagai sutradara bertangan dingin dengan puluhan karya yang mendunia. Seniman asal Perancis tersebut juga dikenal sebagai penulis naskah sekaligus pemain film. Ia lahir di Cunlhat, Puy de Dome, Perancis pada tanggal 31 Agustus 1925. Film-film buatannya sering disebut sebagai film realis. Beberapa judul seperti ”Soul le Soleil de Satan 1987 (Under the Sun of Satan)” dan Van Gogh (1991) masuk dalam nominasi film internasional, Ini adalah salah satu penghargaan tertinggi dari film ini.

Selain membuat film-film realis berdurasi panjang, Maurice juga sering membuat film pendek. Beberapa judul film pendek yang telah dibuatnya adalah L’Amour Existe (1960), Janine (1961), Maitre Galip (1962), Jardin d’Arabie (1963) dan masih banyak lainnya. Sebagai seorang sutradara dan penulis naskah film, Maurice memang dikenal sebagai seniman yang sangat produktif. Hampir setiap tahun ia memproduksi film, entah itu film berdurasi panjang atau film pendek. Beberapa film pendeknya juga ada yang berhasil memenangkan piala pada festival film pendek. Ini menandakan betapa ahlinya seorang Maurice Pialat dalam bidang pembuatan film. Namanya tak kalah jika dibandingkan dengan sutradara asal Perancis lainnya. Ada beberapa bettor dari Sbobet menjadi penggemar karya-karya yang dihasilkan oleh Pialat ini.

Film terakhir yang digarap oleh Maurice Pialat adalah film dengan judul Le Garcu yang tayang pada tahun 1995. Setelah itu, Maurice tidak lagi aktif di bidang perfilm-an. Umurnya yang sudah semakin tua membuatnya tidak lagi produktif. Beberapa tahun setelah vakum di dunia perfilm-an, Maurice Pialat pun dikabarkan meninggal. Pada 11 Januari 2003, sutradara sekaligus penulis asal Perancis ini akhirnya meninggal dunia. Maurice meninggal di umur 77 tahun. Berkat karya-karyanya yang fenomenal, namanya pun tak lekang dimakan waktu. Sampai sekarang, orang-orang masih bisa mengenal dirinya lewat karya-karyanya yang berhasil dimonumenkan oleh berbagai media. Demikian adalah sedikit informasi tentang Maurice Pialat.

Leave a Reply