Mengenal Maurice Pialat Melalui Buah Pikirannya
K

Ketika seseorang meninggal, tidak ada hal lain yang bisa kenang selain karya-karya semaca hidupnya. Kenangan ingatan akan luntur ketika beberapa kerabat atau kenalan mulai menua dan meninggal dunia. Sementara karya-karya akan terus abadi. Anak cucu masih bisa mengenal bagaimana karakter seseorang melalui karya yang telah mereka buat. Begitulah nama-nama seperti Leonardo da Vinci pelukis Monalisa, Albert Einstein seorang ilmuwan gila, masih dikenal hingga sekarang. Di dunia film, ada beberapa nama yang juga bisa dikenang, salah satunya adalah sutradara asal Perancis bernama Maurice Pialat. Anda mungkin agak asing dengan nama yang satu ini. Maklum saja. Di Indonesia, film-film asal Perancis kalah saing dengan film Hollywood. Orang awam pasti kesulitan mengenal seniman film asal Eropa, termasuk nama sutradara top asal perancis ini.

Anda ingin belajar film-film realis? Cobalah menonton film-film buatan Maurice Pialat. Larya-karya film yang dibuatnya dikenal sebagai film realis. Akan tetapi, beberapa orang juga menganggap bahwa karya Maurice tidak sepenuhnya realis. Inilah dua sisi yang bisa dikenal dari film-film buatan sutradara asal Perancis tersebut. Beberapa karya besarnya punya dua sisi menarik yang bisa dinikmati dengan cara berbeda. Sesekali, film-film buatannya terlihat sangat realis. Di sisi lain, ada beberapa part yang membuat film buatannya tampil ambsurd. Memahami film buatan Maurice butuh perhatian ekstra.

Maurice dikenal sebagai sutradara yang sangat produktif. Dari sekian banyak judul film yang pernah dibuatnya, manakah film yang paling direkomendasikan untuk ditonton? Anda bisa memulainya dengan film Van Gogh. Ini adalah salah satu film biografi yang mengangkat kisah hidup pelukis gila bernama Van Gogh. Sudah ada beberapa film yang mengangkat kisah Van Gogh. Akan tetapi, film buatan Maurice ini punya kemasan cerita yang sangat menarik dan berbeda dengan film-film lainnya. Anda bisa menonton film ini untuk mengenal bagaimana karakter seorang Maurice Pialat. Film ini dirilis pada tahun 1991 lalu. Meski termasuk film lama, Van Gogh masih layak ditonton.

Leave a Reply