Van Gogh, Film Biografi Terbaik Maurice Pialat
N

Nama Maurice Pialat menjadi legenda berkat film-film yang disutradarainya. Seniman film asal Perancis ini telah menyutradarai puluhan judul film yang cukup sukses. Beberapa film juga menjadi pemenang di ajang penghargaan Festival Cannes. Dari sekian banyak judul film yang ada, film Van Gogh adalah salah satu film terbaik Maurice Pialat sebelum ia vakum dari dunia perfilman. Van Gogh sendiri diproduksi pada 1991 dengan durasi 158 menit. Tak hanya menjadi sutradara, Maurice Pialat juga menulis sendiri naskah skenario dari film ini. Dibandu dua sinematografi handal Perancis, Giller Henry dan Emmanuel Machuel, Maurice berhasil menyelesaikan film ini dengan baik.

Segenap bintang populer perancis menjadi pemeran utama dalam film ini. Pemeran utama, yaitu tokoh Vincent Van Gogh, diperankan oleh aktor terkenal Jaques Dustronc. Melalui film ini, Jaques pun mendapatkan penghargaan sebagai Akroe Terbaik pada Penghargaan Cesar pada tahun 1992. Lalu, tokoh Marguerite dimainkan oleh Alexandra London, Theo Van Gogh dimainkan oleh Bernard Le Coq, Gachet dimainkan oleh Gerard Sety, Cathy dimainkan oleh Elsa Zylberstein, dan masih banyak lagi aktor papan atas lainnya. Sejumlah bintang kenamaan Perancis yang ada di Film ini membuat Anda semakin betah menonton film Van Gogh. Anda bisa melihat bagaimana sisi lain seorang pelukis gila asal Belanda dari film yang disutradarai oleh Maurice Pialat.

Sedikit informasi dari http://multipoker88.com tentang alur dari Van Gogh, film ini jelas menceritakan kisah hidup Van Gogh. Sampai hari ini, Vincent Van Gogh memang sudah beberapa kali diangkat menjadi film layar lebar. Pelopornya adalah film yang disutradarai oleh Maurice Pialat ini. Sebagai pelopor, film ini jelas menceritakan kisah hidup Vincent Van Gogh dari sisi yang berbeda. Film ini mengisahkan 67 hari terakhir dari kehidupan Van Gogh. Beberapa hal yang disoroti dalam film ini adalah hubungan Van Gogh dengan saudaranya Theo, dokternya Palu Gachet (yang sekaligus menjadi sumber inspirasi untuk lukisan fenomenalnya berjudul “Potret Dr. Gachet”), beberapa wanitanya, dan putri Gachet bernama Marguerite. Kisah hidup yang sangat menarik tersebut dikemas dalam balutan cerita yang bagus dan sinematografi yamg tak kalah kerennya.

Film tersebut pun masuk nominasi dalam Festival Film Cannes 1991, sayangnya tidak menjadi juara. Lalu, pada penghargaan Academy Awards ke-64, film ini juga terpilih sebagai perwakilan Perancis untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. Sayangnya film ini tak masuk nominasi. Meski belum memenangkan penghargaan apa pun, film ini tetap layak untuk ditonton. Film ini bisa menjadi salah satu referensi untuk meneliti tokoh fenomenal Vincent Van Gogh. Setelah menonton film ini, Anda bisa menyimpulkan sendiri bagaimana pendapat Anda tentang film ini.

Leave a Reply